untuk pembaca setia

cerita ita@duniamaya adalah salah satu wujud rasa cinta ita terhadap dunia pendidikan, dalam tulisan ini tidak membahas hal-hal yang berbau politik dan SARA, tulisan ini hanya tempat bagi penulis untuk berbagi semata, besar harapan penulis semoga tulisan ini bermanfaat khususnya bagi yang orang-orang yang mau belajar dan terus memperbaiki diri

Senin, 18 Juni 2012

PENGAMBILAN, PENGAWETAN DAN PENGAMATAN SPERMA IKAN


PENGAMBILAN, PENGAWETAN DAN PENGAMATAN SPERMA IKAN
oleh : ita apriani


Pertumbuhan penduduk yang sedemikian cepat, di satu sisi telah mengakibatkan perkembangan pembangunan yang pesat, terutama disektor perumahan dan industri. Hal ini telah memberikan tekanan berat pada sumberdaya alam dan lingkungan hidup dan disisi lain mengakibatkan meningkatnya kebutuhan akan protein hewani. Sumberdaya perikanan adalah suatu sumberdaya yang mendapat tekanan yang cukup berat. Selain akibat lahan yang semakin sempit, juga akibat pencemaran perairan yang tendensinya terus meningkat dari tahun ketahun. Untuk mencegah punahnya sumberdaya ikan, selain dilakukan upaya konservasi juga dilakukan upaya domestikasi dan pembudidayaannya. Dalam kegiatan budidaya ikan salah satu aspek penting yang perlu dikuasai adalah aspek reproduksi. Melalui pengembangbiakan maka siklus hidup ikan dapt berkesinambungan, selain itu dari segi ekonomi juga dapt menguntungkan. Namun demikian, kegiatan pengembangbiakan bukanlah suatu hal yang mudah, kerena banyak sekali aspek yang perlu diketahui sebelum melakukan kegiatan pemuliaan, salah satu diantaranya adalah aspek reproduksi.

Reproduksi dapat memberikan gambaran tentang aspek biologi yang terkait proses reproduksi, mulai dari deferensiasi seksual hingga dihasilkannyaindividu baru (larva). Dalam kegiatan budi daya perairan, salah satu faktor kunci yang menjadi pembatas adalah ketersediaan benih. Penyediaan benih untuk budidaya dapat ditempuh dengan 2 cara; yaitu dengan penangkapan benih di perairan umum dan dengan cara memijahkan ikan peliharaan di kolam pembenihan atau pembuahan secara buatan. Dalam pemijahan spermatozoa merupakan bahan utama untuk membuahi sel telur supaya terjadi fertilisasi. Oleh karena itu pengetahuan kriopreservasi sperma ini sangat diperlukan untuk keberhasilan dalam proses pembenihan. Praktikum ini bertujuan untuk mengetahui teknik pengawetan dan mengetahui angka motilitas sperma ikan.


Berdasakan praktikum kriopreservasi yang telah dilakukan diperoleh data umur sperma dan indeks motilitasnya.
Tabel 1. Hasil Pengamatan Perbandingan Sperma Pada Setiap Perlakuan Setelah 1  jam Perlakuan
Perlakuan
Ulangan
Umur sperma
(Detik)
Indeks Motalitas
Kriteria
Air Kran
1
243
5
Sperma bergerak sangat cepat, Pergerakan ekor bervariasi
2
0
0
Semua sperma tidak bergerak dan bergetar
Alkohol
3
0
0
Sperma bergerak sangat cepat, Pergerakan ekor bervariasi
4
240
0.25
Banyak sperma tidak bergerak, kadang-kadanf terlihat bergetar lemah
NaCl
5
900
5
Semua sperma tidak bergerak dan bergetar
6
592
5
Sperma bergerak sangat cepat, Pergerakan ekor bervariasi

Berdasarkan tabel 1 diatas, perlakuan NaCl memberikan pengaruh terhadap umur sperma sehingga indeks motilitasnya tinggi. Sedangkan pada perlakuan air kran dan alcohol indeks motilitasnya rendah.


Tabel 2. Hasil Pengamatan Sperma dengan perlakuan larutan NaCl
Waktu Pengamatan
Umur Sperma
(detik)
Indeks Motalitas
Kriteria
0 jam
0
5
Semua sperma bergerak sangat cepat dengan pergerakan ekor bervariasi
½ jam
1800
3
Banyak sperma bergerak cepat dan yang lain bergerak ditempat
1 jam
3600
0.5
Banyak sperma tidak bergerak dan sangat sedikit sekali sperma yang bergetar , kadang-kadang bergerak sangat lemah.

Berdasarkan table 2 diatas, nilai indeks motilitas semakin berkurang dengan bertamabhnya umur sperma. Pada waktu 0 detik sperma masih bergerak sangat cepat namun ketika sudah 3600 detik sperma hanya mampu bergetar dan kadang-kadang bergerak sangat lemah.


Spermatozoa atau sperma adalah gamet jantan yang dihasilkan oleh testis. Sperma dari beberapa spesies ikan famili Cyprinidae berwarna kekuning-kuningan menyerupai susu. Cairan sperma adalah larutan spermatozoa yang berada dalam cairan seminal dan dihasilkan oleh hidrasi testis (Hoar, 1969 dalam Affandi, 2002). Campuran antara sseminal plasma dengan spermatozoa disebut semen. Dalam setiap testis semen terdapat jutaan spermatozoa. Menurut Toelihere (1981) dalam Affandi (2002), sperma merupakan suatu sel kecil, kompak dan sangat khas, yang tidak tumbuh dan membagi diri. Pada dasarnya sperma terdiri dari dari kepala yang membawa materi genetik keturunan paternal dan ekor yang berperan sebagai alat penggerak. Sperma tidak memegang peranan apapun dalam fisiologi hewan yang ddihasilkannya dan hanya melibatkan diri dalam pembuahan untuk membentuk induvidu baru.
Sperma tidak bergerak dalam air mani, namun ketikan masuk ke air akan aktif berenang. Pergerakan sperma yang normal adalah seperti linear, biasanya pola pergerakannya berbentuk spiral. Ketikan ada rangsangan dari luar, sperma dapat dikeluarkan dalam volume dan jumlah tertentu, hal ini berhubungan dengan ukuran jantan, lama dan jumlah enjakulasi. Fruktosa dan galaktosa merupakan sumber energi utama bagi spermatozoa ikan mas, sehingga motilitas spermatozoa dapat meningkat (Kruger et al, 1984 dalam Affandi, 2002). Diperkuat oleh Nurman (1985) dalam affandi (2002) yang melaporkan bahwa semen yang encer banyak menganddung glukosa, sehingga memberikan motilitas yang lebih baik terhadap spermatozoa. Penelitian Scot dan Baynes (1980) dalam Affandi (2002) tentang komposisi kimia semen ikan menyatakan bahwa ssemen yang kental dengan konsentrasi tinggi mengandung kadar pottasium lebih tinggi yangg akan menghambat pergerakan spermatozoa, sehingga motilitasnya rendah. Kecepatan dan pergerakan spermatozoa ikan tanpa perlakuan tambahan di dalam air telah diukur oleg Ginzburg (1972) dalam Affandi (2002), sedangkan motilitas dan lama pergerakan dalam berbagai konsentrasi glukosa, NaCl, KCL serta osmolalitas media dilaporkan oleh Lin et al (1996) dalam Affandi (2002). Daya tahan hidup spermatozoa dipengaruhi oleh PH, tekanan osmotik, elktrolit, non elektrolit, suhu dan cahaya. Pada umumnya sperma sangat aktif dan tahan hidup lama pada ph sekitar 7,0. Motilitas partial dapat dipertahankan pada ph antara 5 dan 10. Suhu mempengaruhi daya tahan hidup sperma , peningkatan suhu akan meningkatkan kadar metabolisme sehingga dapat menurangi daya tahan hidup sperma. Demikan juga cahaya matahari yang langsung mengenai spermatozoa akan memperpendek umur sperma.
Dari hasil pengamatan motilitas sperma ikan mas pada air kran larutan akuades secara umum banyak bergetar dan sedikit sekali yang bergerak dengan gerakan lemah. Hal ini dikerenakan adanya perbedaan konsentrasi antara larutan dan sperma. Motilitas sperma yang diberi perlakuan air kran tidak dapat bertahan lama karena tidak terdapat ion-ion yang dapat memberikan energi bagi sperma. Energi tersebut digunakan oleh sperma untuk bergerak. Pernyataan ini sejalan dengan pendapat Garnama dan Yusuf (2011) yang menyatakan bahwa air kran merupakan air biasa yang tidak banyak mengandung ion-ion yang dapat menunjang pertahanan hidup sperma menyebabkan waktu gerak sperma menjadi pendek, hal itu juga disebabkan tidak terjadinya transfer energi yang berasal dari larutan pengencer.
Ketika terlalu bnyak ion juga akan mempengaruhi waktu pergerakan sperma ikan menjadi pendek. Hal ini sama terjadi pada saat sperma diberi perlakuan air gula dan air kelapa. Menurut Soehartojo (1995) dalam Garnama dan Yusuf (2011) mengatakan bahan utama yang dipakai spermatozoa sebagai sumber energi dari luar testis adalah fruktosa yang diubah menjadi asam laktat dan energi dengan enzim fruktolisin. Pendapat lain  yaitu Affandi (2002) menyatakan bahwa larutan elektrolit dalam bentuk gula seperti fruktosa atau glukosa dapat digunakan sebagai pengencer sperma. Namun berdasarkan pengamatan hal ini tidak sesuai karena banyaknya sperma yang mati dan tidak ada motilitas hal ini bias disebabkan lemahnya sperma ikan yang bisa dikarenakan ikan berada pada kondisi stress. Pada perlakuan pengenceran dengan larutan isotonik, kondisi sperma berada pada kondisi yang paling baik. Berdasarkan tabel 1 diatas, tampak bahwa sperma yang ditetesi air kelapa waktu motil yang lebih besar dibandingkan akuades dan air gula. Keadaan tersebut terjadi karena adanya transfer ion Na+ pada sperma yang dapat mempertahankan sperma dan menjadi penyumbang energi sehingga sperma tetap bergerak dalam waktu yang cukup lama.
Sedangkan dalam mempertahan sperma dapat dilakukan dengan penambahan larutan elektrolit seperti yang terdapat pada larutan fisiologis dan salinitas 3 ppt. Dalam larutan tersebut terkandung ion-ion seperti Na+, K+, Ca2+, Mg2+, Cl-. Adanya larutan isotonik menyebabkan konsisi stabil. Sperma tidak bergerak atau motil karena konsentrasi yang terdapat pada larutan tersebut sama dengan konsentrasi sperma. Funsi ion-ion ini dapat mengganti elektrolit tubuh yang hilang dalam sperma. Berdasarkan tebel 2 di atas, larutan fisiologis secara keseluruhan menunjukan sperma bergerak cepat dengan pergerakan ekor bervariasi, sedangkan daya hidup yang paling tinggi terdapat pada larutan fisiologis yaitu hingga 60 menit. Hal ini tidak sesuai dengan pendapat Melati (2011) menyatakan bahwa NaCl memiliki nilai viabilitas yang baik yaitu 102 dan 154 detik. Indeks motilitas pada perlakuan relatif rendah yaitu 2 dan 0.5. perbedaan ini bisa disebabkan oleh motilitas sperma sangat bergantung terhadap lingkungan dan proses pengamatan serta pembekuan yang cepat dapat melindungi sperma dari kerussakan akibat efek larutan dan pembentukan kristal es yang akan merusak sperma. Ketahanan hidup sperma dipengaruhi oleh temperatur dan pada umumnya dapat hidup lebih lama pada temperatur rendah.
Secara keseluruhan motilitas dan daya tahan hidup sperma yang baik adalah ketika dilarutkan dalam larutan fisiologis jika dibandingkan dengan pengenceran menggunakan air gula, akuades, dan air kelapa. Larutan fisiologis adalah larutan isotonik yang terbuat dari NaCl 0,9% yang sama dengan cairan tubuh atau darah (adhil, 2009 dalam Hidayatullah, 2010), penggunaan larutan fisiologis yang mengandung NaCl dan urea dapat mempertahankan daya hidup spermatozoa antara 20-25 menit, larutan fisiologis lebih kecil dari NaCl 0,9 %.


 <!--[endif]-->Kesimpulan
Tingkat kelangsungan hidup spearma ikan sangatlah singkat, sperma ikan mas akan mengalami pergerakan saat diberi perlakuan larutanair kran dan alcohol.. Sperma ikan akan bergerak dengan cepat dan berfariasi saat diberi perlakuan larutan fisiologis. Pergerakan tekanan osmotik menyebabkan terjadinya motilitas sehingga larutan yang paling baik untuk kelangsungan hidup sperma ikan mas adalah larutan fisiologis.

Saran
Untuk praktikum selanjutnya sebaiknya sperma ikan yang di amati setiap kelompok berbeda spesies ikan supaya pengetahuan tentang motilitas dan daya tahan hidup sperma dapat dipelajari lebih baik.



Daftar Pustaka
Affandi, Ridwan dan Tang, Usman Muhammad. 2002. Fisiologi Hewan Air. Pekan baru. Universitas Riau Press.

Garnama dan Yusuf. 2011. Uji motilitas sperma ikan mas Cyprinus carpio sebagai acuan kegiatan pengawetan sperma [terhubung berkala] http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/44046/Preservasi%20sperma%20ikan%20mas.pdf?sequence=1(7 Oktober 2011).

Hidayatullah. 2010. Pengambilan, pengawetan, dan pengamatan sperma ikan [terhubung berkala]http://www.scribd.com/doc/50648259/LAPORAN-FISREP-5-dayat (7 Oktober 2011).

Meilati, Widya Pratiwi, Erizza Aditra. 2011. Penggunaan larutan elektrolit pada suhu yang berbeda untuk mempertahankan mortalitas dan viabilitas sperma ikan mas Cyprinus carpio [terhubung berkala] http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/44035/PKM-AI-11-IPB-MELATI-PENGGUNAAN%20LARUTAN%20ELEKTROLIT----.pdf?sequence=1 (7 Oktober 2011).




3 komentar:

Anonim mengatakan...

hey all itaapriani.blogspot.com owner discovered your blog via Google but it was hard to find and I see you could have more visitors because there are not so many comments yet. I have discovered website which offer to dramatically increase traffic to your site http://xrumer-services.net they claim they managed to get close to 4000 visitors/day using their services you could also get lot more targeted traffic from search engines as you have now. I used their services and got significantly more visitors to my website. Hope this helps :) They offer most cost effective services to increase website traffic Take care. Roberto

Anonim mengatakan...

hello itaapriani.blogspot.com admin found your blog via search engine but it was hard to find and I see you could have more visitors because there are not so many comments yet. I have found website which offer to dramatically increase traffic to your website http://cheap-mass-backlinks.com they claim they managed to get close to 4000 visitors/day using their services you could also get lot more targeted traffic from search engines as you have now. I used their services and got significantly more visitors to my blog. Hope this helps :) They offer best services to increase website traffic Take care. Richard

Anonim mengatakan...

Hello, good article. I really enjoyed it. I also enjoy your website.
Do you enjoy lots of visitors to your site? If you can have more, checkout my site at www.
blog.hivisits.com. Blog.hivisits.com is about generating a
bigger audience for your website. We can help you get more visitors to
the quantities that you like. Thank you for allowing me to post this comment.



Also visit my site; Blogspot.Com